5 Cara Merawat Rambut Kering yang Mudah Dipraktekan di Rumah

Memiliki rambut yang indah adalah keinginan semua orang. Entah itu laki- laki ataupun  perempuan. Tapi sayangnya,  tidak semua orang bisa  memiliki rambut yang sehat. Karena pada dasarnya setiap  orang memiliki masalah pada rambutnya.

Terutama untuk mereka yang memiliki rambut kering.Masalah rambut kusut , susah diatur dan uga berketombe seperti sudah jadi hal yang sering mereka temui setiap harinya. Padahal dengan  menggunakan perawatan rambut yang tepat. Rambut anda yang kering, susah diatur dan kusut ini bisa  kembali sehat dan tetap lembab.

Penyebab Rambut Kering

Rambut kering tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki rambut yang kering. Selain faktor genetik. Cara merawat rambut yang kering dengan produk yang salah pun bisa membuat rambut kering  adi jauh lebih parah  daripada saebelumnya.

Selain itu, pemakaian  alat styling hair dryer, klorin pada air  juga bisa menjadi pemicu anda yang sebelumnya tidak memiliki rambut kering jadi tiba- tiba punya rambut yang lebih kering dari biasanya.

Tinggal  di negara  yang memang beriklim tropis juga jadi pemicu awal rambut kering bisa saja terjadi. Panas matahari yang menyengat bisa membuat kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan yang akhirnya dapat membuat kulit kepala lebih cepat lembab namun menyebabkan rambut kehilangan kelembabannya dan cenderung lebih kering, kasar dan juga sulit diatur.

Cara Merawat Rambut Kering

Meskipun rambut kering memiliki efek samping dan jangka panjang yang tidak seburuk rambut rontok, Namun perawatan rambut yang salah dan juga pencegahan yang tidak dilakukan sejak awal, bisa jadi pemicu masalah lain yang juga bisa menyebabkan rambut jadi rontok di kemudian hari.

Nah , untuk mencegah hal itu terjadi. Berikut ada 5 tips dan cara merawat rambut kering agar kembali lembut dan terhindar dari kerontokan.

  1. Menggunakan Shampo dan Kondisioner Khusus

Anda yang memang sejak awal dilahirkan dengan kondisi rambut kering dan juga mudah kusut. Harus pintar – pintar dalam memilih produk perawatan rambut. Anda harus memiliki produk khusus rambut kering yang biasanya dilengkapi dengan kondisioner yang bisa anda gunakan sehari- hari.

Pilihlah produk shampo dan kondisioner dengan  bahan almond, minyak kelapa, argan oil, atau minyak alpukat yang berguna untuk melembabkan rambut dan mencegahnya kering dan juga kusut,

  1. Menggunakan Shampo Berbahan Keratin

Keratin adalah salah satu senyawa yang ada di dalam tubuh manusia sekaligus zat utama penyusun rambut , kuku dan juga kulit. Bahan ini telah banyak digunakan dalam produk sampo dan juga kondisioner yang berguna untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan kusut serta pecah- pecah.

Cara merawat rambut menggunakan keratin pun dikatakan menjadi pilihan yang paling tepat karena  dapat mengembalikan kondisi rambut menjadi lembut dan halus seperti semula.

  1. Menggunakan Shampo Non Alkohol

Selain menggunakan keratin dan produk berbahan alami lainnya. Anda yang memiliki rambut kering juga disarankan menggunakan produk dengan kadar alkohol yang rendah Atau tanpa alkohol sama sekali.

Hal ini untuk mencegah kulit kepala dan rambut jadi semakin kering  serta mudah berketombe  karena kandungan alkohol yang ada  dalam produk yang anda gunakan.

  1. Menggunakan Masker  Khusus Rambut Kering

Sebagai langkah pencegahan selanjutnya. Anda yang memiliki rambut kering  disarankan rutin melakukan perawatan dengan memakai masker rambut untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak mudah kering dan  kusut.

Masker rambut  yang digunakan juga sebaiknya berbahan alami dari almond. Alpukat ataupun keratin yang dapat digunakan 2-3 kali seminggu.

  1. Menggunakan Sarung Bantal Berbahan Satin

Selain menerapkan perawatan pada rambut secara rutin. Ada satu cara  terakhir untuk  merawat rambut  kering lainnya. Yaitu dengan menggunakan sarung bantal berbahan satin untuk menghindari sarung bantal berbahan katun yang  lebih menyerap kelembaban rambut.

Itulah beberapa cara merawat rambut yang dapat anda praktekan di rumah secara rutin  untuk menjaga agar rambut anda senantiasa indah dan kembali lembut seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *