5 Tips Sederhana Menghindari Virus Corona

Pandemi virus Corona sampai saat ini masih berlangsung di berbagai penjuru dunia. Sampai sekarang belum ditemukan vaksin yang tepat untuk menanganinya. Meskipun begitu, para peneliti di seluruh dunia terus gencar mengupayakan serangkaian uji tes vaksin untuk menekan laju penyebaran coronavirus. Karena itu, penting untuk melakukan pencegahan guna terhindar dari virus ini. Berikut tips sederhana agar terhindar dari virus.

5 Tips Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Virus Corona 

  1. Rutin Mencuci Tangan

Tips pertama agar terhindar dari virus Corona yaitu dengan rutin mencuci tangan. Anjuran ini juga sejalan dengan yang dikatakan WHO. Rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik, bersihkan semua bagian tangan, mulai dari jari, sela-sela jari, hingga ujung kuku. 

Jika sedang bepergian sehingga tidak tersedia sabun dan air, gunakanlah hand sanitizer yang mengandung sekitar 60% alkohol. Dengan melakukan tips ini akan membantu membunuh virus yang berada di tangan Anda sekaligus terhindar dari virus Corona.

  1. Memakai Masker

Virus corona tidak ditularkan melalui udara yang kita hirup. Namun, penggunaan masker dapat membantu mencegah penularan virus ini. Akan tetapi, virus corona dapat menyebar melalui droplets seperti meja, kursi, pintu kemudian dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir seperti mata, mulut, dan hidung.

Masker juga tidak bisa digunakan secara berulang-ulang karena masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai. Untuk itu cucilah masker setiap empat jam sekali. 

  1. Hindari Memegang Wajah

Bagi kebanyakan orang melakukan tips ini memang cukup sulit karena memegang apa yang ada di wajah sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Namun, untuk melindungi diri dari virus Corona bisa dengan tidak memegang bagian mata, hidung, dan mulut Anda. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tangan biasanya menyentuh banyak permukaan yang mungkin terdapat virus. Setelah virus tersebut menempel pada tangan, maka tangan pun bisa memindahkan virus ke bagian mata, hidung atau mulut ketika Anda menyentuhnya. Dari sanalah, virus masuk ke dalam tubuh. Karenanya, apabila Anda merasakan salah satu dari tanda-tanda terkena virus Corona segera lakukan konsultasi di situs Halodoc agar segera mendapatkan penanganan.

  1. Tetap Berada di Rumah

Berdiam diri di rumah dan tidak bepergian ke luar merupakan bagian dari kontribusi Anda untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Walaupun Anda tidak merasakan gejala apa pun, namun tetap Ketika virus tersebut menginfeksi orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, maka bisa menyebabkan Covid-19. 

Oleh sebab itu, imbauan untuk tetap #diRumahAja sedang gencar dilakukan pemerintah sebagai upaya menghentikan mata rantai penyebaran virus Corona. Bahkan Presiden pun meminta masyarakat untuk belajar di rumah, bekerja di rumah, beribadah di rumah dan PSBB.

  1. Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

Anda tentunya tahu barang-barang yang sering disentuh. Nah, sekarang segera bersihkan permukaan yang paling sering disentuh tersebut, seperti meja, gagang pintu, keyboard, toilet, handphone, keran air, dan yang lainnya menggunakan desinfektan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertular dan menularkan virus Corona karena virus ini dapat menempel di benda mati.

Jika permukaan yang akan dibersihkan kotor, maka sebelum melakukan desinfeksi, bersihkan terlebih dahulu dengan detergen atau sabun dan air. Disinfektan dipercaya dapat membunuh virus Corona yang menempel pada permukaan.

Anda juga bisa mencari informasi perihal virus corona di situs kesehatan Halodoc. Informasi yang ditampilkan di situs ini juga terpercaya dari dokter-dokter yang telah terverifikasi, sehingga bisa Anda jadikan acuan informasi perihal corona. Itulah 5 tips sederhana menghindari virus corona. Tetap jaga kesehatan dan dirumah saja ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *