6 Jenis Usaha Sampingan Menjanjikan Dan Menguntungkan Yang Menarik Dicoba!

Pendapatan yang tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, perlu adanya uang tambahan diluar gaji, ingin memiliki sebuah usaha yang bisa dijalankan sendiri adalah beberapa alasan yang kerap menjadi latar belakang mengapa seseorang perlu melakukan usaha sampingan. Pastinya, dari sekian banyak jenis usaha, perlu teliti dalam memilih. Jangan sampai niat untuk mendapatkan untung, malah berujung buntung akibat salah dalam memilih jenis usaha. Pastikan, jika anda memilih menjalankan  usaha rumahan yang menjanjikan , tugas utama anda tidak terganggu atau terbengkalai. Ada beberapa jenis usaha yang menguntungkan  yang bisa dipilih, diantaranya adalah berikut ini.

1.      Usaha Menjahit

Usaha rumahan yang menjanjikan dan tentu saja bisa dilakukan di rumah adalah menjahit. Jika anda memiliki skill yang mumpuni dalam bidang jahit-menjahit, maka anda bisa membuka jasa menjahit ataupun membuat produk sendiri. Anda bisa menerima pesanan membuat baju atau memperbaiki pakaian, jika memungkinkan anda juga bisa memproduksi sendiri jenis pakaian, seperti celana, gamis, jilbab atau lainnya. Usaha ini dapat berkembang jika semakin banyak orang yang memesan di tempat anda, caranya dengan memiliki beberapa orang karyawan dan anda hanya bertugas sebagai pengawas.

2.      Catering

Untuk jenis usaha satu ini, perlu adanya keahlian dalam memasak. Ya, usaha catering hingga saat ini masih ramai. Biasanya, banyak orang memerlukan jasa catering untuk berbagai keperluan seperti acara pesta, hajatan, pertemuan, rapat dan sebagainya. Usaha ini menuntut pemilik usaha untuk bisa membuat berbagai jenis masakan dan dapat menyajikan masakan dengan rasa yang enak. Untuk bagian lain seperti menyediakan bahan, packing, layanan antar dan lainnya, bisa dibantu oleh karyawan. Jenis usaha yang menguntungkan ini bisa jadi sangat sukses, terlebih jika dijalankan di daerah kota atau padat penduduk.

3.      Reseller Produk

Tidak memiliki modal, tempat usaha serta waktu yang terbatas, tidak serta merta menjadi penghalang untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa memilih untuk menjadi reseller produk dari suatu brand. Kini, ada banyak jenis produk yang bisa dijual, bahkan beberapa diantaranya ada yang memberikan bonus untuk setiap reseller dengan penjualan produk terbanyak. Jadi, selain dapat keuntungan langsung dari hasil penjualan produk, juga ada bonus tambahan yang diberikan oleh perusahaan atau brand tersebut. Kelebihan menjalankan usaha ini adalah waktu kerja yang fleksibel, dapat menjalankan usaha rumahan yang menjanjikan serta mendapatkan untung besar dan juga tidak perlu modal besar.

4.      Fotografer Lepas

Punya kamera berkualitas serta hobi fotografi? Mengapa tidak memanfaatkannya untuk dijadikan usaha sampingan yang menguntungkan? Ya, dengan 2 modal ini, anda bisa mencoba peruntungan dengan menjadi fotografer lepas. Artinya, ada tidak terikat pada pihak manapun saat menjadi fotografer. Saat ada yang membutuhkan jasa anda, maka anda siap sedia membantu sebagai seorang juru foto. Pastinya, untuk setiap jasa yang anda berikan, tidak cuma-cuma. Ada harga yang harus disepakati agar apa yang anda lakukan tetap bisa menghasilkan. Jika deal,  maka anda bisa bekerja sebagai fotografer disela-sela waktu luang dan mendapatkan uang tambahan. Tertarik mencoba?

5.      Guru Privat

Usaha sampingan berikut ini umumnya banyak diminati oleh kalangan pelajar seperti anak SMA dan mahasiswa. Mengandalkan pengetahuan dan kemampuan mengajar, sudah cukup untuk anda yang ingin mencoba usaha sampingan berupa jadi guru les privat. Untuk mata pelajaran les yang dipilih, sebaiknya pilih yang memang dikuasai dengan baik, misalnya jika anda seorang mahasiswa jurusan pendidikan Matematika, maka bukalah jasa pengajar guru les khusus Matematika. Untuk bayaran guru les privat, biasanya berlaku hitungan per jam. Jika seandainya dalam sekali jam belajar dikenakan biaya 50 ribu rupiah per jam, maka jika dalam seminggu jadwal mengajar 4x, maka anda akan mendapatkan uang 200 ribu rupiah per minggunya.

6.      Desain Grafis

Salah satu usaha yang dapat dijalankan dengan waktu dan tempat yang fleksibel diantaranya adalah jasa desain. Anda bisa mengerjakan pesanan desain dari klien hanya dari rumah. Bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain, bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan bahkan usaha utama anda dalam mendapatkan penghasilan. Kini, banyak orang yang membutuhkan jasa desainer untuk berbagai kebutuhan seperti desain logo, kemasan produk dan lainnya. Untuk mendapatkan banyak job, anda bisa bergabung pada komunitas atau situs khusus penyedia jasa desainer lepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *