7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Mengalami mual pada awal masa kehamilan menjadi hal yang wajar dialami wanita. Jika Anda mual, jangan khawatir mungkin terjadi perubahan hormon dalam tubuh atau sensitifitas terhadap suatu hal. Mual merupakan cara tubuh mengingatkan agar Anda bisa menyesuaikan aktivitas. Berikut beberapa cara mengatasi mual saat hamil.

  1. Makan Sedikit Tapi Sering

Masa kehamilan sering kali membuat perut kembung karena asam lambung yang naik. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan berkurang karena mual tak bisa ditahan. Di sisi lain, Anda harus mengisi asupan gizi untuk calon bayi.

Sebaiknya bawalah makanan kecil kemana saja Anda pergi untuk menghindari lapar. Selain itu, biasakan minum setengah jam sebelum maupun sesudah makan agar tidak bertambah mual. Minumlah sedikit demi sedikit tapi sering agar tubuh tidak dehidrasi. Hal yang sama juga harus dilakukan untuk makan.

  1. Mencium Wewangian

Penyebab terbesar mual saat hamil yaitu karena penciuman Anda yang sensitif diakibatkan hormon estrogen sehingga Anda lebih peka terhadap aroma apa pun. Tidak heran jika Anda bisa mencium aroma yang kurang sedap meski masih berada pada jarak yang cukup jauh.

Ketika Anda mencium aroma yang tidak disukai, Anda bisa saja muntah di saat yang sama. Cobalah hirup wewangian beraroma segar misal lemon maupun rosemary agar rasa mual Anda bisa berkurang. Pilih aroma yang tidak membuat Anda mual lagi.

  1. Alihkan Perhatian pada Sesuatu yang Anda Suka

Mual bisa juga Anda hindari dengan mengalihkan pikiran pada hal lain yang Anda sukai. Cara ini bisa membantu Anda melupakan rasa mual untuk sementara waktu. Jika Anda suka membaca, maka Anda bisa membaca buku dulu atau berjalan-jalan menghirup udara di luar.

  1. Cukup Istirahat

Jika Anda masih belum mengatasi rasa mual saat hamil, maka Anda bisa ambil napas dalam-dalam dan luangkan waktu sejenak untuk tidur. Banyak yang mengatakan kalau tidur merupakan cara tepat untuk menghindari morning sickness yang dialami Ibu hamil.

  1. Konsumsi Banyak Buah-Buahan

Buah-buhan bisa menjadi pencegah atau cara mengatasi mual saat hamil. Terlebih buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin seperti jeruk, apel, atau mangga. Sebaliknya, Anda harus menghindari nanas, pepaya muda, durian maupun delima karena bisa menyebabkan panas tubuh Anda dan janin.

  1. Konsumsi Makanan/Minuman Dingin

Anda juga bisa mengatasi mual dengan mengonsumsi makanan maupun minuman dingin. Keduanya bisa meringankan mual karena memiliki aroma yang tak menyengat. Makanan dan minuman dingin bisa membuat Anda segar dan lupa rasa mual.

  1. Jauhi Asap Rokok

Merokok sangat berbahaya dilakukan saat Anda sedang mengandung. Selain itu, merokok bissa menyebabkan kelahiran cacat. Hal yang sama berlaku untuk Anda yang terkena asap rokok selama masa kehamilan. Anda yang berisiko lebih besar mengalami kematian bayi saat lahir, bayi berat lahir rendah, bayi dengan cacat lahir, dan komplikasi kehamilan lainnya.

  1. Konsumsi Rutin Vitamin B6

Anda sebaiknya mengonsumsi vitamin B6 yang terbuktu dapat mengurangi mual saat hamil muda. Vitamin ini bisa memecah asam amino serta membantu menghasilkan neurotransmitter. Selain itu juga merangsang produksi sel darah merah yang penting bagi kesehatan bayi.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti biji-bijian, kacang-kacangan, telur, dan daging. Vitamin B6bisa Anda minum sehari sekali saat masa kehamilan.

Vitamin ini juga bisa diambil dalam bentuk suplemen. Namun, Anda harus berhati-hati karena B6 dengan dosis tinggi sangat berbahaya bagi bayi Anda. Jadi, jangan mengonsumsinya lebih dari 200 mg sehari, dan selalu berkonsultasi dengan dokter.

Meski mual menjadi hal yang wajar diderita ibu-ibu hamil. Tapi, Anda sudah tahu cara mengatasi mual saat hamil muda dengan cukup mengerjakan beberapa tips yang sudah ditulis di atas. Lakukan beberapa cara di atas agar mual bisa segera sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *