8 Ide Bisnis yang Cocok untuk Kamu yang Berstatus Mahasiswa

Tugas utama mahasiswa adalah belajar, namun tidak ada salahnya jika kamu belajar hal lain yang mungkin saja tidak kamu dapatkan di perkuliahan, seperti berbisnis. Ya, kamu tidak harus menunggu lulus kuliah untuk bisa berpenghasilan. Bahkan jika bisa, kamu sebaiknya belajar produktif sejak masih aktif menjadi mahasiswa. Tidak harus bekerja di perusahaan elite dengan gaji yang besar. Kamu bisa memulainya dengan bisnis reseller.

Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk giat belajar saja dalam mendapatkan ilmunya. Namun, ketika sudah menginjak dewasa, mahasiswi pun harus mampu untuk berpikir kreatif dan berkembang. Dengan begitu pengalaman juga akan semakin bertambah.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Nah bicara tentang bisnis untuk mahasiswa, berikut beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu coba eksekusi.

  • Bisnis Online Shop

Kamu bisa memulai bisnis kecil dengan membuka online shop. Banyak sekali pilihan produk yang dapat dijual secara online. Seperti alat kecantikan, baju, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.

Ketika masih pemula, maka bisnis dropship menjadi pilihan yang tepat. Sebab, dengan sistem dropship kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli produk dan tidak perlu melakukan pengiriman barang. Pengiriman barang akan dilakukan oleh penjual first hand  dan kamu akan menerima keuntungan dari penjualan produk.

  • Bisnis Pulsa

Untuk memulai usaha kecil namun menguntungkan, kamu bisa memulai berbisnis pulsa. Selain tidak memerlukan modal dan biaya yang besar, bisnis satu ini juga akan memberikan keuntungan yang besar bagi kamu. Apalagi saat ini banyak orang khususnya teman kamu yang membutuhkan pulsa maupun paket data.

  • Bisnis Jasa Pengetikan

Jika tidak memiliki modal untuk memulai bisnis, kamu bisa mencoba membuka jasa pengetikan. Selain tidak memerlukan modal, bisnis ini memberikan peluang keuntungan besar bagi kamu. Hanya memerlukan laptop dan juga ketelitian dalam mengetik, kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menambah uang jajan.

  • Bisnis Les Privat

Jangan pernah menganggurkan sebuah ilmu. Kamu bisa membuka les privat sebagai usaha pertama. Selain mendapatkan keuntungan, membuka les privat tentu akan sangat bermanfaat, di mana kamu juga akan berbagi ilmu dengan orang lain.

  • Bisnis Kuliner

Jika kamu memiliki hobi memasak, membuka bisnis kuliner menjadi salah satu peluang yang sangat bagus. Selain menuangkan hobi, dengan membuka bisnis ini juga akan memberikan keuntungan besar bagi kamu. 

Terlebih lagi kuliner menjadi kebutuhan orang setiap harinya. Cukup menambahkan ide-ide masakan yang unik maka bisnis kamu akan cepat berkembang.

  • Bisnis Jasa Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah juga merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika kamu memiliki ilmu yang banyak di bidang penerjemah. Selain memberikan keuntungan berupa uang, membuka bisnis ini juga akan memberikan ilmu tambahan bagi kamu ketika menemukan sebuah kalimat baru maupun bacaan baru.

  • Bisnis Pembuatan Blog atau Web

Bisnis ini menjad bisnis yang sangat menguntungkan khususnya bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan khusus di bidang programmer atau web. Sebab, saat ini pun jasa pembuatan web maupun blog banyak diincar oleh para perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut guna memasarkan produknya.

  • Bisnis Pengiriman Barang

Saat ini banyak yang lebih memilih berbelanja online. Itu artinya jasa ekspedisi sangat dibutuhkan. Ini menjadi peluang buat kamu. Sebagai pemula, kamu bisa membuka jasa pengiriman barang secara lokal dari satu rumah ke rumah lain yang masih memiliki lingkup kecil atau dari warung ke rumah. 

Sebab, terkadang banyak orang yang malas untuk keluar rumah membeli sesuatu, kamu bisa menawarkan jasa pengiriman untuk membelikan barang dan mengantarnya ke konsumen kamu.

Demikianlah 8 ide bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Namun, jika masih merasa ragu dan takut untuk memulai bisnis, memilih bisnis reseller merupakan pilihan yang tepat. Sebab, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun melainkan hanya membutuhkan modal smartphone serta paket data untuk melakukan pemasaran produk.

Memang kalau digali lagi akan sangat banyak peluang bisnis di sekitar kita. Tinggal pilih mana yang paling memungkinkan untuk dijalankan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin memiliki pekerjaan sampingan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *