Apa Saja Sih Permainan Anak Tradisional yang Populer?

Permainan anak tradisional memang tak sepopuler dulu. Hal ini karena sudah banyaknya permainan dalam bentuk digital yang dirasa lebih menyenangkan. Meski begitu Anda sebagai orangtua perlu mengenalkan permainan-permainan berikut sebagai sarana melatih ketangkasan dan juga jiwa social anak.

Petak Umpet

Permainan pertama yang paling banyak dimainkan bahkan hingga diseluruh dunia adalah petak umpet atau dalam bahasa inggris disebut hide and seek. Permainan ini tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya bermain bersama menikmati suasana alam dengan strategi yang bebeda.

Semua anak yang ikut bermain berkumpul di satu titik yang disepakati sebagai markas dan menentukan satu orang yang bertugas menjaga markas tersebut. Kemudian anak lain akan berpencar mencari tempat perlindungan. Anak yang bertugas menjaga markas tersebut juga bertugas menemukan teman-teman lain sebelum mereka berhasil menyentuh markas tersebut.

Engklek

Permainan anak tradisional yang tak kalah popular dan menyenangkan adalah engklek. Jika permainan sebelumnya membutuhkan wilayah yang luas sebagai tempat bersembunyi, maka permainan ini cukup mmebutuhkan tanah atau lantai yang cukup untuk menggambar pola yang ingin dimainkan.

Setelah itu pemain akan melemparkan batu pipih sebagai media yang digunakan untuk mengukur sejauh mana ia dapat melangkah. Anak harus melewati semua pola yang telah digambar dengan cara melompat dengan satu kaki. Satu kali putara berarti ia berhasil melewati satu kotak. Terus demikian hingga kotak terakhir.

Gobak Sodor

Gobak sodor juga sangat terkenal di kalangan masyarakat, tidak hanya dimainkan oleh anak saja, namun permainan ini juga terkadang dimainkan oleh orang dewasa. Permainan ini dimulai dengan membagi peserta menjadi dua tim serta menentukan garis yang akan dilewati. Setelah itu menentukan pihak yang bermain dan pihak yang kalah dan bertugas menjaga garis.

Regu yang menang harus berusaha mencapai garis finish dan kembali ke titik awal tanpa terkena sentuhan dari penjaga garis, jika sampai tersentuh maka regu tersebut kalah dan harus berganti menjaga garis.

Bentengan

Bentengan merupakan permainan tradisional yang tak kalah populer yang dimainkan oleh dua kelompok berbeda. Dengan menetapkan satu tiang atau pohon sebagai benteng, anak harus berusaha menyentuh tim lawan agar bisa dinyatakan menang.

Biasanya pemain akan diberikan tugas yang berbeda, ada yang bertugas sebagai pernyerang, pengalih perhatian, dan juga tugas menjaga benteng. Tim yang bisa menyentuh benteng lawan lebih awal dinyatakan menang. Selain menyentuh benteng, kemenangan bisa didapat dengan menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh anggota tubuh lawan.

Patek Lele/ Petil Lele

Tak kalah menarik dan popular, patek lele atau patil lele menjadi permainan yang banyak digemari. Cara bermainnya cukup mudah, dengan bermodalkan dua bilah kayu dengan panjang yang berbeda, satu berukuran sekitar 15 cm dan satu berukuran 30 cm. Lalu buatlah lubang di dalam tanah atau bisa dengan menempatkan dua benda dengan ukuran sama sebagai landasan.

Tempatkan kayu berukuran kecil di atas tanah atau di atas landasan tersebut. Kemudian cungkil atau tarik kayu kecil ke atas dan setelah mengudara, lantas pukul kuat-kuat dengan kayu yang berukuran lebih panjang.

Itulah beberapa permainan anak tradisional yang popular di kalangan masyarakat. Walaupun jenis gerakan dan cara bermainnya sama, akan tetapi masing-masing daerah memiliki nama yang berbeda. Nah, jika anak Anda sudah selesai bermain dan meniggalkan baju penuh noda. Jangan khawatir karena sekarang ada Rinso Anti Noda Perfume Essence yang siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *