Berikut 5 Tips Memilih Sepeda Roda Tiga yang Baik dan Benar

Seiring bertambahnya usia anak maka mereka akan membutuhkan kegiatan yang lebih beragam untuk mendukung tumbuh kembangnya. Ketika si kecil sudah menginjak usia 2-3 tahun cobalah menimbang membeli sepeda roda tiga  supaya terbiasa bersepeda sejak dini. Bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan nantinya juga bisa mendukung tumbuh kembangnya. Sebab semakin banyak anak bergerak semakin membuatnya sehat, syaraf motoriknya pun berkembang dengan baik.

Membelikan sepeda bisa menjadi tindakan yang sangat tepat namun usahakan memilih yang sesuai dengan usianya. Khusus untuk batita biasanya sepeda dengan roda berjumlah tiga jauh lebih aman sebab tidak perlu mengatur keseimbangan. Tidak pula menuntut si kecil untuk mengayuhnya sendiri, sehingga orangtua bisa mendampingi si kecil bersepeda dengan mendorongnya selagi mereka duduk dengan santai. Sepeda jenis ini tersedia luas di pasaran bahkan bisa pula di order melalui situs belanja online terkemuka.

Tips Memilih Sepeda dengan Roda Tiga

Idealnya batita diberi sepeda dengan roda berjumlah tiga, namun jangan asal pada saat memilih sebab bisa membahayakan si kecil. Perhatikan beberapa tips ini agar pilihan yang diambil sudah tepat:

  • Lakukan survei terlebih dahulu,

Sebelum merealisasikan rencana Anda membelikan sepeda untuk buah hati di usia batita, baiknya melakukan survei dahulu. Lihatlah tetangga sekitar yang memiliki anak seumuran atau sedikit lebih besar menggunakan sepeda jenis apa. Ketahui model, merek, dan lain sebagainya sehingga nantinya tidak asal pilih.

  • Perhatikan ketertarikan si kecil,

Rencana membelikan sepeda roda tiga bagi buah hati baiknya tidak dilakukan secara mendadak dan atas keputusan sendiri. Cobalah melirik ketertarikan anak Anda, sebab belum tentu anak Anda tertarik dengan sepeda. Maka kalau dipaksa dibelikan nantinya malah sia-sia sehingga pastikan si kecil memang tertarik untuk naik sepeda. Sehingga antusias setiap kali diajak bersepeda dan bisa belajar bersepeda sendiri di usia tidak sampai lima tahun.

  • Mengajak si kecil memilih sepeda pertamanya,

Mainan apapun yang akan diberikan ke buah hati idealnya memang mengajak mereka menentukan pilihan sendiri. Mengapa? Sebab kalau sesuai dengan seleranya maka mereka lebih antusias bermain, padahal bermain menjadi bagian penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Hal serupa juga berlaku untuk pembelian sepeda, selama sepeda tersebut sesuai selera anak maka dipastikan tidak akan menganggur. Maka penting untuk mengajak si kecil memilih sepedanya sendiri.

  • Ukuran sepeda pas di badan anak,

Ajak anak memilih sepeda yang tepat untuknya, dilihat dulu dari ukuran karena kalau terlalu besar malah merepotkan dan membahayakan si kecil. Pastikan ukuran sepeda yang dibeli memang pas dengan tinggi badan anak Anda sehingga perlahan bisa belajar mengayuhnya sendiri. Kalaupun sepeda ini nantinya dipesan melalui toko online mintalah detail ukuran pada penjualnya, supaya tidak salah ukuran. Asalkan mau bertanya detail pada penjual dijamin puas dengan barangnya.

  • Bahan sepeda tergolong aman,

Bahan atau material sepeda juga musti diperhatikan, karena yang namanya anak-anak dijamin apa-apa di sekitarnya lebih dulu masuk ke mulut. Kebanyakan sepeda untuk anak-anak di usia batita dibuat dari bahan baja kemudian diberi lapisan plastik. Sehingga Anda musti mencari yang kuat namun juga aman bagi si kecil, belum lagi resiko terjatuh karena naik sepeda tersebut. Kalau sepedanya terbuat dari material berbahaya maka resiko terjadi akibat fatal semakin besar, jadi bijaklah dalam memilih sepeda roda tiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *