Cara Merawat Mobil Toyota Avanza agar Tetap Nyaman Dikendarai

Mempunyai kendaraan yang baru tentunya harus diperhatikan tentang cara untuk merawatnya agar kendaraan tersebut dapat awet dan juga tidak mudah rusak. Bagi, Anda yang mempunyai kendaraan roda empat ini dengan merek Toyota Avanza cara perawatannya berbeda dengan perawatan yang dilakukan kendaraan tipe lain. Berikut cara merawat mobil Toyota Avanza.

  1. Pembersihan Bagian Eksterior dan Interior

Setiap kendaraan roda empat dengan merek apapun tentunya memerlukan perawatan dengan cara pembersihan pada bagian interor dan juga eksteriornya. Pembersihan tersebut alangkah baiknya dilakukan secara rutin agar dapat membuat kendaraan yang dimiliki oleh Anda terlihat bersih dan menarik.

Cara perawatan yang dilakukan juga cukup mudah dengan Anda hanya perlu untuk mencuci kendaraan Anda secara rutin sekali dalam seminggu. Selain itu Anda bisa mencucinya sendiri kendaraan Anda di rumah dengan menggunakan busa atau kain yang berbahan mikro fiber. Hal tersebut dilakukan agar permukaan badan kendaraan tidak tergores.

Anda juga sebaiknya mencuci kendaraan tersebut dengan memastikan kondisi dari kendaraan yang berada dalam keadaan dingin. Perlakuaan Anda dengan mencuci kendaraan tersebut dalam keadaan panas akan mengakibatkan timbulnya bercak-bercak yang muncul setelah selesai mencuci.

Jangan sampai lupa untuk mengganti ban luar kendaraan Anda setelah melakukan perjalanan atau berkendara sejauh 50.000 km atau dapat juga pada batas maksimalnya sekitar 80.000 km. Bila ban dari Avanza tersebut sudah mengalami kedaaan yang aus, jika dibiarkan terus menerus maka akan membuat bahaya bagi pengemudi kendaraan tersebut.

Selalu juga untuk mengecek rutin volume angin ban, jangan sampai terlalu tinggi ataupun rendah tekanannya. Selain pada bagian eksterior, perawataan juga harus dilakukan pada bagian interior Avanza. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan bagian jok kendaran tersebut. Pembersihan ini bagi kebanyakan orang sangat sulit untuk dilakukan.

Namun Anda dapat melakukannya dengan mudah yakni menggunakan alat vacuum cleaneryang berukuran kecil, sehingga kotoran-kotoran yang letaknya berada pada sudut atau di bagian yang sulit untuk dibersihkan akan dapat bersih secara maksimal. Jika terdapat debu yang masih dalam keadaan menempel, maka anda dapat membersihkannya.

Caranya adalah dengan menggunakan kain lembut yang telah dicelupkan dengan air hangat terlebih dahulu.Kemudian, barulah Anda lap dengan menggunakan  kain yang kering. Anda juga harus memastikan kondisi dari bagian kendaraan tersebut benar-benar kering setelah Anda bersihkan.

Hal tersebut agar komponen yang terdapat pada bagian interior mobil berjamur. Setelah itu, sebaiknya Anda membiarkan kendaraan tersebut mengering dengan sendirinya dengan meletakkannya pada tempat yang teduh.

  1. Perawatan Mesin

Toyota Avanza juga perlu untuk dilakukan perawatan pada bagian mesinnya. Cara yang dapat dilakukan oleh Anda dengan memeriksa terminal aki, injektor bahan bakar, tekanan kompresi serta desakan bahan bakar. Pemeriksaan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Pergantian Komponen Kendaraan Secara Berkala

Kendaraan roda empat dengan jenis Avanza terdapat beberapa komponen yang harus perlu Anda ganti secara berkala. Komponen tersebut antara lain, oli mesin, sistem bahan bakar, timing belt, pendingin mesin, saring pada oli mesin, minyak rem, saringan bahan bakar dan juga oli transmisi manual.

Selain itu pergantian komponen juga dilakukan pada baterai dengan melakukan pengecekan secara rutin pada cairan asam yang terdapat pada komponen tersebut. Bilakendaraan Anda menggunakan jenis bahan baterai yang basah, maka tentunya sangat merepotkan Anda untuk melakukan perawatannya. Namun baterai basah akan lebih teliti daripada dengan aki kering.

Itulah cara yang yang dapat dilakukan oleh Anda untuk merawat mobil Toyota Avanza yang dimiliki. Cara tersebut harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil keawetan yang maksimal dan menjaganya untuk tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *