Cek Tiket Kereta Api Untuk Keberangkatanmu 

Kereta Api menjadi salah satu moda transportasi umum andalan masyarakat Indonesia  yang dipilih dalam memfasilitasi perjalanan berwisata dan juga perjalanan pulang kampung atau bepergian keluar kota. Semakin hari jumlah penumpang Kereta Api terus bertambah. Selain durasi perjalanan yang lebih cepat, fasilitas yang nyaman, berbagai macam kelas, dan tentunya tarif tiket yang terbilang ramah dikantong. Buat kamu yang akan menggunakan kereta api sebagai transportasi perjalananmu, tiket menjadi hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Didukung dengan teknologi yang terus berkembang, membuat PT KAI Indonesia terus berinovasi dalam memberikan layanan pembelian tiket kereta. Selain kamu bisa membelinya langsung di loket stasiun kereta, kamu juga bisa memesan tiket kereta lebih mudah melalui aplikasi, selain lebih mudah kamu juga tidak perlu menunggu antrian yang panjang. Ada beberapa tips buat kamu yang ingin membeli tiket Kereta Api via aplikasi.

  1. Beli tiket Kereta Api secara online

Pembelian tiket kereta langsung di loket stasiun saat ini hanya bisa dilayani mulai dari pukul 09.00-16.00 setiap harinya. Waktu yang sangat terbatas, antrian yang panjang, selain itu kamu juga tidak bisa mengetahui ketersediaan tiket kereta yang kamu inginkan atau sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan. Jika tiket yang kamu ingin ternyata habis bukankah itu hanya akan buang-buang waktu dan tenaga bukan.

Untuk mengatasi hal itu kamu bisa melakukan pembelian tiket kereta melalui Ticket Box yang tersedia di Stasiun Kereta Api, ada petugas yang membantu dalam proses pembelian ticket, untuk mode bayarnya kamu harus memasukkan uang tunai ke dalam mesin, jika susah kamu bisa minta bantuan petugas, namun harus diperhatikan dalam Ticket Box kamu tidak bisa menggunakan uang koin, jika uang yang kamu masukkan masih memiliki kembalian, kembalian kamu akan diberikan dalam bentuk pulsa. Namun jika kamu malas untuk memesan tiket di Stasiun kamu bisa check secara online. Bisa lihat tiket kereta PT KAI disini sebelum berangkat yaitu melalui aplikasi yang mendukung proses pembelian tiket Kereta Api, bisa diakses melalui smartphone ataupun laptop dan kamu cukup duduk manis dirumah.

  • Cari Tiket Kereta Api Dengan Harga Promo

Jika kamu memesan tiket secara online kamu harus sering-sering mengecek harga tiket, karena ada beberapa aplikasi yang sering memberikan promo, kamu bisa saja memperoleh promo baik potongan harga atau cashback. Salah satu aplikasi yang sering memberikan potongan adalah Traveloka, kamu bisa lihat tiket kereta PT KAI disini sebelum berangkat, lumayan untuk menghemat pengeluaran.

  • Melakukan pemesanan tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan.

Buat kamu yang telah merencanakan melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari jauh-jauh hari kamu bisa melakukan pemesanan dari saat itu juga dengan maksimal pemesanan H-90 hari sebelum keberangkatan, yang bertujuan untuk memperoleh harga termurah, memperoleh klasifikasi tiket sesuai yang kamu ingin, menghindari habisnya ketersedian tiket, serta memungkinakan perubahan jadwal keberangkatan.

  • Pilih kelas yang sesuai

Selain mempermudah proses pembelian tiket, pemesanan melalui aplikasi dapat membantu kamu untuk melihat harga sesuai dengan kelas kereta api yang kamu inginkan. Pastikan kamu memilih kelas dengan biaya yang telah kamu siapkan. Beda kelas Kereta Api tentu beda juga fasilitas yang disediakan oleh PT KAI. Perbedaan yang paling menonjol dari perbedaan kelas Kereta Api adalah kursi penumpang, dimana kursi penumpang kelas ekonomi saling berhadapan sesama penumpang dengan sandaran yang tegak lurus 90 derajat, berbeda dengan kelas bisnis dan eksekutif dimana kursi penumpang tidak saling berhadapan dan dapat ditarik kebelakang yang tentunya akan memberikan kenyamanan untuk kamu beristirahat.

  • Rute Perjalanan

Dalam pemesanan tiket kereta api, kamu perlu untuk memperhatikan rute perjalanan kereta api yang akan kamu naiki, serta memahami rute stasiun pemberhentiannya. Pastikan kamu mengetahui urutan pemberhentian kereta, dengan maksud kamu tidak salah turun, dan perlu  juga diperhatikan kamu turun dipemberhentian stasiun yang dekat dengan lokasi tujuanmu utamamu. Pemilihan stasiun tujuan juga dapat mempengaruhi harga tiket yang kamu beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *