Gamers Wajib Tahu, Inilah Fungsi dan Jenis-Jenis Kartu VGA!

Apakah kamu seorang gamer yang menginginkan tampilan grafis yang sempurna pada layar monitor? Atau kamu sedang mencari informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan kartu VGA? Untuk menambah wawasan kamu tentang komputer, kali ini kita akan membahas tentang fungsi dan jenis jenis VGA card yang harus kamu tahu.

Video Graphic Array atau VGA adalah suatu standard tampilan pada komputer analog yang diciptakan dan dipasarkan oleh perusahaan internet raksasa IBM. Kartu VGA pertama kali diperkenalkan ke public pada tahun 1987. Kartu VGA mempunyai sebutan yang beragam seperti Video Graphic accelerator, graphic adapter, VGA card, video adapter, display card dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi Kartu VGA

sumber : liputan6.com

VGA card merupakan komponen komputer yang sangat penting karena mempunyai peran yang sangat vital. Fungsi utama kartu VGA adalah untuk merubah sinyal digital yang dihasilkan oleh sebuah komputer menjadi tampilan gambar yang menarik di layar monitor. Kualitas VGA berpengaruh langsung terhadap gambar yang ditampilkan. Harga VGA ini biasanya dibanderol dengan kisaran harga Rp jutaan sampai 3 jutaan.

Gamer sejati tahu betul untuk menampilkan graphic yang sempurna, komputer harus dilengkapi dengan kartu VGA berkualitas. Dengan memasang VGA card terbaik akan memberikan banyak manfaat sebagai berikut:

  • Tampilan gambar pada monitor menjadi lebih jernih dan lebih tajam
  • Sangat cocok bagi mereka yang suka menonton film dengan detail sempurna
  • Desain 3D kamu menjadi lebih baik
  • Dengan menggunakan kabel HDMI, kamu bisa menghubungkan TV/Monitor ke PC dengan kualitas gambar terbaik
  • Bermain game lebih menyenangkan karena kualitas grafis sangat detail dan memanjakan mata

Jenis-Jenis Kartu VGA

Sebelum membeli kartu VGA, pastikan terlebih dahulu jenis kartu yang akan kamu beli. Berikut adalah beberapa jenis VGA card yang harus kamu tahu:

  1. VGA Jenis ISA

 

VGA ISA biasanya dipasang pada di slot expansi ISA bus atau Industry Standard Architecture Bus dengan system I/o 16-bits dan 8 bits. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. VGA jenis ini sudah jarang dipakai karena memiliki kecepatan transfer yang sangat rendah.

  1. VGA Jenis EISA

sumber : google.com

VGA jenis ini biasanya dipasang di slot expansi extended standard architecture bus yang mempunyai sistem I.O 32 bits. Dirilis pada tahun 1988 kecepatan transfer data VGA jenis EISA jauh lebih baik daripada VGA jenis ISA. VGA jenis EISA memiliki tegangan 12 volt dan 5 volts dengan kecepatan 8.33 MHZ dan kecepatan transfer data sampai Mbps.

  1. VGA Jenis PCI

sumber : google.com

Untuk slot expansi Peripheral Component Interconnect BUS dengan I/O 64 bits dan 32 bits VGA yang digunakan berjenis PCI. Pada awalnya VGA jenis ini dibuat untuk meningkatkan kecepatan transfer data dari CPU ke perangkat display. Ada dua macam VGA PCI yaitu yang bervoltase 3,3 volt dan 1,5 volts.

  1. VGA Jenis PCle

sumber : google.com

VGA PCle merupakan generasi lanjutan dari VGA PCI dan memiliki kecepatan transfer data hingga 32 Gbps. VGA jenis ini biasanya dipakai untuk Peripheral component Interconnect bus. PCIe atau PCI express merupakan jenis VGA yang saat ini banyak dijual dan digunakan.

VGA card adalah salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap kualitas gambar pada monitor komputer. Ada banyak jenis kartu VGA yang beredar di pasaran. Semakin tinggi spesifikasi kartu VGA sebuah komputer maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *