Ingin Mendapatkan Tiket KAI dengan Mudah? Ikuti Cara Berikut!

Kereta api membludak penumpangnya ketika mendekati lebaran karena Indonesia memiliki tradisi mudik serta ketika mendekati akhir tahun. Pada saat-saat seperti itulah Anda harus gerak cepat untuk mendapatkan tiket kereta. Kereta api merupakan transportasi yang paling bisa membuat penumpangnya menikmati waktu karena merupakan perjalanan darat tanpa hambatan seperti macet. Untuk mendapatkan tiket kereta api dengan mudah, ikuti beberapa cara berikut ini!

  1. Tentukan Tanggal Keberangkatan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket KAI adalah menentukan tanggal keberangkatan. Meskipun Anda belum tahu pasti kapan akan berangkat namun Anda tetap harus menetapkan tanggal berapa akan melakukan perjalanan. Ketika Anda telah lebih dahulu mengira-ngira waktu yang pas untuk berangkat perjalanan maka Anda bisa langsung melakukan pengecekan jadwal reservasi dan pembelian tiket kereta yang telah lebih dulu ditentukan oleh pihak PT KAI.

Bayangkan jika Anda belum ada gambaran jadwal keberangkatan, Anda bisa ketinggalan bahkan kehabisan tiket berangkat mudik maupun liburan. Persaingan dalam hal membeli tiket cukup ketat karena Anda harus berperang melawan banyak pengguna yang mengakses website resmi Traveloka. Memperebutkan tiket secara online itu susah-susah gampang karena susahnya Anda tidak bisa bernegosiasi dengan pembeli tiket lainnya tentang siapa duluan ngantri, gampangnya Anda bisa klik lebih dulu dibandingkan orang lain dan cukup bersyukur ketika jaringan internet di tempat lain lebih slow respon.

  1. Data Identitas Lengkap

Pembelian tiket secara online melalui website resmi membutuhkan kelengkapan identitas. Apabila Anda ingin membeli tiket mudik atau liburan secara kolektif bagi keluarga atau rekan, maka pastikan dulu Anda memiliki semua identitas mereka seperti nomor induk kependudukan dan nama lengkap. Bila perlu catat seluruh data identitas mereka ke dalam note sehingga ketika pembelian tiket berlangsung Anda tidak lagi direpotkan mencari data identitas mereka karena sudah lebih dulu Anda siapkan.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan data tersebut untuk langsung daftar sebagai pengguna aplikasi Traveloka. Ketika melakukan pemesanan tiket maka yang keluar langsung informasi data diri si pemilik akun. Cukup praktis, bukan?

  1. Lakukan Pemesanan Dini Hari

Jika Anda ingin berkumpul bersama keluarga ketika lebaran atau akhir tahun maka tidak ada salahnya sedikit berkorban, bukan? Anda bisa menggunakan waktu tidur di malam hari untuk melakukan pemesanan tiket kereta di Traveloka. Kenapa harus dini hari? Biasanya ketika dini hari, orang yang mengakses situs tersebut masih sedikit sehingga Anda bisa memilih tiket yang sesuai keinginan tanpa harus bersaing dengan pengguna lainnya.

Peluang Anda untuk melakukan pemesanan pada waktu dini hari lebih besar sehingga bisa mendapatkan tiket sesuai budget dan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang Anda inginkan. Anda hanya membutuhkan kelihaian jari untuk klik tiket yang sesuai dan pastikan pula jaringan internet Anda stabil.

  1. Cek Website Secara Berkala

Anda bisa membuka website Traveloka lebih sering untuk melihat berbagai harga tiket yang sesuai kantong. PT KAI telah menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun melalui aplikasi resmi penjualan tiket. Apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah maka Anda bisa mengambil tiket tersebut dengan cara langsung melakukan pembayaran agar tidak diambil oleh orang lain.

  1. Gunakan Metode Pembayaran Instan

PT KAI telah menetapkan bahwa batas waktu pembayaran ketika pemesanan tiket kereta untuk perjalanan mudik adalah 60 menit pada tahun ini. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka Anda siap-siap untuk kehilangan tiket karena tiket tersebut akan dijual kembali. Untuk metode pembayarannya sendiri, Anda bisa memilih sesuai yang Anda inginkan.

Metode pembayaran yang tersedia cukup instan dan memudahkan Anda, apalagi saat ini sudah modern dengan segala metode yang bisa Anda akses kapan dan dimana saja yakni seperti kartu kredit, digital payment, transfer bank maupun mobile banking.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang memburu tiket liburan akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *