Ini dia Cara memutihkan gigi Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

Gigi merupakan salah satu elemen pada tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja setiap harinya. Ya. Karena gigi ini setiap harinya selalu digunakan untuk merobek, mencincang makanan di mulut sebelum ditelan ke dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membuat gigi menjadi kotor, apalagi jika anda tidak rajin membesrihkannya. Yang akhirnya gigi anda menjadi kuning dan tidak putih lagi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa gaya hidup sehat memutihkan gigi secara alami :

  1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Perlu diketahui bahwa dengan menyikat gigi 2 kali sehari setelah makan merupakan salah satu cara untuk memutihkan gigi dengan sederhana. Karena dengan menyikat gigi ini bisa mencegah menempelnya noda serta bisa menghilangkan plak pada gigi. Kalau perlu, anda bisa menyempurnakannya dengan membersihkan sisa-sisa makanan dengan menggunakan benang gigi (dental floss) serta obat kumur setiap hari. Namun perlu anda ingat, untuk tidak menyikat gigi dengan segera setelah mengkonsumsi minuman atau makanan asam, karena bisa melemahkan dan menghilangkan email gigi atau enamel.

  1. Menggunakan Bahan Alami Yang Bisa Ditemukan Di Rumah

Anda bisa mencoba untuk memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah, misalnya minyak kelapa. Ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara untuk memutihkan gigi secara alami. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

– Pertama-tama siapkan minyak kelapa dan baking soda.

– Setelah itu campur kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta.

– Lalu gunakan sebagai pasta gigi.

  1. Memanfaatkan Asam Malat Dari Buah-Buahan

Cara lainnya untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan memanfaatkan asam malat dari buah-buahan. Apel dan strowberry merupakan 2 jenis buah yang banyak mengandung asam malat. Untuk apel anda bisa langsung mengkonsumsinya. Sedangkan untuk strowberry, anda bisa menajdikannya sebagai pasta. Untuk membuat pasta strowberry, campurkan buah strowberry yang dihancurkan dengan baking soda.

  1. Menerapkan Pola Makan Yang Sehat

Supaya gigi anda tetap putih. Maka sebaiknya hindari makanan yang manis dan lengket. Namun perbanyaklah maknan yang segar, misalnya buah dan sayuran. Adapun beberapa pilihan makanan yang baik untuk memutihkan gigi seperti susu, keju, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, dan kacang-kacangan. Bukan hanya itu, makanan yang banyak mengandung serat juga bisa meningkatkan produksi air liur, yang bisa menghilangkan zat-zat yang merusak gigi. Namun sebaliknya, kurangi makanan yang mengandung asam sitrat yang tinggi seperti jeruk dan lemon untuk mencegah terjadinya kerusakkan enamel gigi.

  1. Membatasi Minum Teh, Kopi, dan Soda

Perlu anda ketahui bahwa seiiring bertambahnya usia, maka lapisan terluar gigi, yakni enamel, akan semakin menipis. Sehingga lapisan berikutnya, yakni dentin, akan tampak lebih kuning. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi minuman yang bisa meninggalkan noda di gigi, seperti soda, kopi, dan teh supaya gigi tetap putih.

  1. Berhenti Merokok

Cara terakhir untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan berhenti merokok. Karena tembakau yang ada pada rokok merupakan salah satu noda pada gigi yang sangat sulit untuk dibersihkan. Karena noda tersebut akan menembus enamel gigi. Dan semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau tersebutb akan masuk ke semakin dalam yang akhirnya bisa menyebabkan kanker, bau mulut, dan radang gusi.

Itulah beberapa cara untuk memutihkan gigi secara alami, semoga informasi ada guna dan manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *