Ini Prosedur Pengadaan Barang pada Perusahaan

Dalam hal pengadaan barang dan jasa, tentunya ada prosedur yang harus dilakukan lebih dulu. Meski pengadaan tersebut dilakukan secara daring yang menjanjikan efisiensi dalam banyak hal, tetap harus ada prosedur yang dilakukan dalam sebuah perusahaan. Apa saja prosedur yang harus dilakukan dalam mengadakan barang dan jasa kebutuhan perusahaan?

  1. Seleksi dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Prosedur pertama yang dilakukan adalah seleksi. Prosedur yang satu ini dilakukan untuk menentukan barang atau jasa apa yang benar-benar diperlukan dan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Ingat, perusahaan harus menyesuaikan semua anggaran dan melakukan perputaran kas.

Perusahaan yang memiliki perputaran kas yang bagus tentunya akan lebih cepat juga melakukan pengadaan keperluan kantor. Hal ini berarti juga menunjukkan bahwa penjualan yang dilakukan perusahaan itu stabil. Namun, untuk menentukan proses seleksi ini, tentunya perusahaan juga harus melakukan stock opname alias mengetahui jumlah persediaan dulu.

  1. Verifikasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Setelah proses seleksi, lanjut ke prosedur yang selanjutnya. Prosedur itu adalah verifikasi. Prosedur ini memiliki fungsi untuk pemeriksaan dengan membandingkan data barang yang akan dipesan dengan kebutuhan yang telah diproses dalam pengadaan yang terjadi sebelumnya. Hal ini bertujuan agar tak ada yang disebut dengan pengadaan ganda.

Maksudnya adalah, proses ini bertujuan untuk melakukan pemeriksanaan apakah barang yang dicacat untuk dipesan sudah ikut dalam pesanan sebelumnya atau tidak. Jika barang yang akan dibeli sudah tersedia di gudang, maka seharusnya tidak dilakukan lagi pemesanan pada barang tersebut.

  1. Hunting dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Prosedur selanjutnya adalah hunting barang. Bagian pengadaan akan melakukan survei atas barang yang dibutuhkan dalam daftar yang telah dibuat dengan mengunjungi B2B ecommerce yang menyediakan pengadaan. Hunting ini dilakukan dengan melalui pemasok yang sudah ada pada daftar sebelumnya atau bisa juga yang baru.

Namun, untuk perusahaan besar, biasanya mereka sudah memiliki pemasok yang tetap untuk memenuhi kebutuhan produski mereka. Biasanya, perusahaan akan memilih pemasok yang dianggap memberikan harga murah untuk bahan baku mereka dan tentunya memiliki kualitas yang baik.

Cara ini adalah yang terbaik dan paling banyak dilakukan perusahaan ketimbang mereka harus membeli sendiri secara terpisah. Dengan pengadaan jasa dan barang secara daring ini, pencarian ini akan lebih mudah. Apalagi, bila kamu berbelanja untuk kebutuhan perusahaan di MbizMarket.

Di MbizMarket, ada banyak barang kebutuhan kantor termasuk bahan baku yang bisa kamu temukan. Di sini terdapat 3.000 vendor dengan lebih dari 90 ribu produk yang tersedia. Layanan tersebut dibagi menjadi 11 kategori dalam pilihan barang dan jasa. Beberapa yang bisa dipilih adalah peralatan industri, mesin dan bahan baku dan masih banyak lagi.

Jadi, pantaslah bahwa MbizMarket solusi pengadaan online no 1 di Indonesia yang bisa kamu percayakan. Kamu bisa mendapat kebutuhan barang perusahaan dengan mudah di sini. Apalagi, kamu juga bisa vendor yang menyediakan barang kebutuhanmu dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang ditawarkan oleh vendor lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *