Mainan Bayi 6-12 Bulan untuk Maksimalkan Pertumbuhan Motorik Si Kecil

Fungsi mainan bayi, selain sebagai hiburan dan pengalih perhatian, juga berguna untuk merangsang perkembangan si kecil. Baik itu perkembangagn otak, otot, ataupun syaraf di dalamnya. Bagi Anda yang sedang bingung memilih mainan jenis apa yang cocok untuk merangsang pertumbuhan motorik si kecil, berikut beberapa pilihan yang bisa menjadi opsi.

Buku Bayi

Untuk membiasakan kegiatan membaca dari kecil, Anda perlu mengenalkan buku pada anak sejak dini. Buku bayi yang terbuat dari kain merupakan bentuk pengenalan yang bagus untuk si kecil. Dengan bahan yang lembut dengan pola gambar berbeda setiap halamannya membuat bayi bisa belajar sambil bermain.

Balok Kayu

Anda bisa memberikan balok kayu sebagai mainan harian apabila si kecil sudah bisa duduk dengan sempurna. Selain cara bermain dengan menyusun menjadi suatu bentuk baru, Anda pun bisa mengajarinya untuk memasukkan dan menata balok sesuai dengan ukuran atau berdasar pada warna yang dimilikinya.

Dengan balok kayu, anak akan belajar berbagai macam bentuk benda, macam ukuran, berat, serta melatih pola pikir dan logika dalam bermain. Setelah beberapa kali dicontohkan, Anda bisa membiarkan si kecil berimajinasi dengan membantuk bangunan bersadar imajinasinya sendiri.

Bola

Setelah anak bisa duduk dan mulai merangkak, bola merupakan media yang bagus untuk merangsangnya terus bergerak dan berlatih berjalan. Anda bisa memancing si kecil agar terus melangkah dengan menempatkan bola dengan jarak tertentu. Selain itu, bola juga bisa dipantulkan ke lantai atau dinding untuk mengajarinya konsep benda lunak yang bisa memantul.

Dengan media ini anak akan belajar konsep bentuk bangun dan ruang dengan cara yang berbeda. Sebaiknya Anda menggunakan bola yang terbuat dari karet dengan permukaan kasar atau bergerigi untuk semakin menarik perhatian anak. Anda pun bisa menyediakan bola berbagai macam warna agar si kecil lebih bersemangat.

Puzzle

Pazzle juga bisa mulai Anda berikan sebagai mainan bayi pada si kecil sejak ia mengerti cara memasangkan benda dengan baik. Selain berguna untuk merangsang kecerdasan otak, benda ini juga berguna untuk melatih konsentrasi dan ketelitian anak dalam menyelesaikan sebuah permainan.

Untuk pertama-tama Anda berikan mainan puzzle dengan potongan yang besar untuk memudahkan si kecil. Selain itu gambarnya pun harus disesuaikan dengan kesukaan anak agar ia tambah semangat dalam bermain.

Alat Musik Mainan

Mendekati umur 1 tahun, anak sudah mulai tertarik untuk memukul benda-benda yang terdapat di sekitarnya. Hal ini dilakukannya karena setiap pukulan akan menghasilkan bunyi yang berbeda. Oleh karena itu ada baiknya Anda memberikan alat musik mainan agar anak senang dan mulai belajar beragam jenis bunyi lainnya.

Hewan Peliharaan

Walaupun anak kecil belum mengerti cara menyayangi sesama makhluk hidup, Anda bisa mulai mengenalkannya dengan cara memelihara hewan di dalam rumah. Jika Anda tidak suka keberadaan anjing atau kucing, maka Anda bisa menggantinya dengan ikan mas atau burung. Hal ini akan memberikan pengetahuan baru pada si kecil akan konsep benda lain di sekitarnya.

Anda bisa mengajaknya berbicara dan bercerita mengenai hewan tersebut walaupun tidak disentuh secara langsung. Pemahaman ini akan mengalir sejalan dengan perkembangan otaknya dalam memroses informasi.

Dengan memberikan mainan tersebut, diharapkan kemampuan motorik si kecil akan cepat berkembang dengan sempurna. Untuk mendapatkan beragam mainan bayi di atas, Anda bisa mengunjungi jakmall.com sebagai tempat belanja online terkemuka di Indonesia. Selain berbelanja mainan, Anda juga bisa berbelanja keperluan harian si kecil di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *