Mengenal Lebih dalam Mengenai Pentingnya Trekking Pole Bagi Seorang Pendaki

Peralatan pendakian yang satu ini pada hakekatnya memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah kegiatan pendakian. Meskipun tidak begitu banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya, peralatan ini, tentunya akan tetap dikenal oleh para pendaki gunung profesional. Peralatan pendakian yang memiliki bentuk hampir serupa dengan tongkat sky ini memang sangat dibutuhkan sebagai peralatan keamanan dalam diri para pendaki. Berikut ini bahasan mengenai fungsi dari trekking pole sebagai alat pendakian penting yang memang harus digunakan oleh seorang pendaki, ketika sedang melakukan kegiatan pendakian diberbagai medan.

  • Penjaga keseimbangan

Medan pendakian yang harus dilalui oleh seorang pendaki, terkadang memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi seorang pendaki, terutama pada saat mereka harus melalui medan dengan tingkat kelicinan yang tinggi. Alat keselamatan pendakian yang memiliki bentuk seperti sebuah tongkat ini memiliki fungsi penting dalam memberikan dan menambah tingkat keseimbangan pada diri pendaki, ketika harus melewati medan dengan tingkat kelicinan yang sangat tinggi.

  • Alat penopang tubuh ketika melewati medan tanjakan ataupun turunan

Medan dan tanjakan dan turunan merupakan medan yang memang kerap kali harus dilalui oleh seorang pendaki, ketika melakukan kegiatan outdoor dalam diri mereka. Dengan menggunakan tongkat pendakian ini, medan turunan dan tanjakan yang harus dilalui pun akan terasa lebih ringan, karena tongkat ini dapat digunakan untuk menopang berat badan para pendaki, sekaligus berfungsi sebagai alat memperingan langkah yang harus dilakukan oleh para pendaki itu sendiri.

  • Membantu meningkatkan kecepatan langkah pendaki

Trekking pole secara langsung ataupun tidak langsung, akan membantu meningkatkan kecepatan langkah para pendaki, dimana tongkat yang digunakan ini akan mampu menopang lengan dan mengurangi berat badan para pendaki, sehingga langkah yang harus diambil pun menjadi lebih ringan, Langkah ringan inilah yang akan mampu membantu pendaki memiliki kecepatan jalan yang lebih tinggi baik pada medan datar, naik turun ataupun medan licin yang harus dilalui oleh mereka.

  • Mengurangi rasa lelah pada Kaki

Dengan menggunakan tongkat pendakian ini, selain langkah menjadi lebih cepat, beban yang harus ditopang kaki pun menjadi lebih ringan, karena langkah memiliki tumpuan yang tidak hanya tertuju pada kaki saja, namun juga lengan yang digunakan untuk mengayun tongkat tersebut. Dengan pengurangan beban inilah, maka langkah yang harus diambil oleh seorang pendaki pun akan terasa lebih ringan sehingga kaki pun tidak menjadi cepat lelah.

Melihat manfaat yang diberikan cukup banyak, maka sudah sewajarnya bagi kita para pendaki yang memang kerap melakukan berbagai kegiatan outdoor sudah selayaknya selalu menyediakan dan membawa tongkat ini sebagai salah satu perlengkapan wajib dalam kegiatan tersebut. Pilihlah bahan pembuatan terbaik, agar nantinya tongkat yang kita gunakan tersebut dapat berfungsi dengan optimal, serta memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Tidak hanya tongkat keselamatan saja, namun berbagai perlengkapan keselamatan lainnya pun harus Anda hadirkan ketika hendak melakukan kegiatan pendakian dalam berbagai medan, baik medan yang dengan tingkat kesulitan yang ringan ataupun medan yang berat.

Trekking pole dan berbagai perlengkapan keselamatan pendakian lainnya ini kini banyak disediakan oleh berbagai situs belanja online terpercaya yang ada di Indonesia, yang tentunya memiliki pilihan yang beragam, mulai dari bahan pembuatan, merek serta harga yang disajikan. Toko online khusus kegiatan outdoor pun bahkan kini dapat Anda temukan dengan mudah, sebagai solusi pada sistem pembelanjaan yang Anda lakukan, Semoga bermanfaat sumber TipkiBags.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *