Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Kredit Mobil Bekas

Mobil merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, harga mobil masih terlalu mahal, sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. Salah satu solusi dari semua itu adalah kredit mobil bekas, dengan cara ini semua bisa memiliki mobil tanpa harus merogoh kocek begitu dalam.

Hal yang Perhatikan saat Memilih Mobil Bekas

Mobil bekas memang memiliki harga yang jauh lebih murah, namun sebagai pembeli tetap harus berhati-hati saat memilihnya. Jika memilih dengan sembarangan bisa-bisa mobil yang didapat akan cepat rusak. Kredit mobil bekas memang akan membantu beban biaya, namun tetap harus berhati-hati dalam memilih. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kondisi Mesin

Tentu hal paling utama yang harus dilihat adalah kesehatan mesinnya. Jika, Anda tidak mengerti atau belum paham dengan mesin mobil, Anda bisa mengajak seorang montir atau teman dekat yang paham akan hal tersebut. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan mobil dengan kondisi mesin yang masih sehat.

Selain itu, jika memang terpaksa sendirian, pastikan Anda melakukan test drive, sehingga Anda bisa merasakan sendiri apa saja yang kurang dari mobil tersebut. Mobil bekas pasti memiliki sesuatu yang kurang, karena memang telah digunakan lama dan sering dibawa perjalanan jarak jauh, pasti akan terdapat sesuatu yang ganjil pada mesin.

Meskipun harga mobil bekas sangat terjangkau, beberapa orang yang terlanjur membeli terkadang masih harus membawanya ke bengkel mobil untuk melakukan pengecekkan ulang. Tidak sedikit yang merogoh kocek dalam, karena mobil masih memerlukan banyak perbaikan disana-sini. Jadi, penting sekali untuk melihat kesehatan mesinnya.

2. Kondisi Eksterior dan Interior

Penampakan mobil juga bisa menjadi pertimbangan. Kalau bisa pilihlah mobil yang masih belum memiliki goresan atau penyok. Jadi, Anda harus melihat semua body mobil dengan teliti, karena jika ada sedikit saja goresan atau penyok, bisa menjadi bahan pertimbangan soal harga. Meskipun mobil bekas, namun jika perawatannya maksimal pasti juga akan terlihat seperti baru.

Lalu, Anda bisa coba mengecek bagaimana kondisi interior mobil. Mulai dari kursi, fitur-fitur pada dasbor, dan lainnya. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik, seperti misalnya sabuk pengaman, apakah masih bisa digunakan atau fitur di dasbor seperti perlengkapan hiburan, Anda harus mengeceknya, agar tidak perlu lagi memperbaiki saat sudah membelinya.

Meskipun mobil bekas, namun paling tidak saat sudah membelinya kita tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah uang untuk memperbaiki kekurangan pada mobil. Anda harus menyelesaikan semuanya pada proses negosiasi soal harga, sehingga bisa mendapatkan harga yang pas dan mobil yang pas.

3. Kelengkapan Dokumen

Tidak kalah penting juga untuk melihat kelengkapan dokumen atau surat-surat kepemilikan. Lihat juga, apakah pemilik mobil tersebut rutin melakukan pembayaran pajak. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan kondisi pajak mati, karena hal tersebut akan sangat merugikan. Harga pajak mobil tentu mahal, jadi jangan sampai Anda yang menanggungnya.

Lihat juga nomor plat, apakah sesuai dengan yang ada pada surat, begitu juga dengan nomor rangka mesin. Jika tidak sesuai, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada si pemilik dan lebih baik tidak membelinya. Mobil yang tidak sesuai antara nomor pada surat dengan yang ada pada mobil, berarti bisa saja surat tersebut palsu, sehingga lebih hindari hal semacam ini.

Beberapa poin di atas harus benar-benar Anda lakukan, agar tidak kecewa saat sudah terlanjur membelinya. Harga mobil bekas memang sangat terjangkau, namun Anda harus tetap berhati-hati saat memilih mobil. Jika, Anda masih tidak mampu untuk membeli mobil bekas, Anda juga bisa memanfaatkan jasa kredit mobil bekas, sehingga Anda bisa memiliki mobil dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *