Perlengkapan Bayi dan Ibu yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

Melahirkan adalah momen yang paling ditunggu sekaligus mendebarkan, karena ibu harus mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan sang buah hati ke dunia. Untuk menyambut kedatangan sang buah hati yang sudah dikandung selama 9 bulan lamanya, perlengkapan bayi juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Mulai dari harga baju hingga harga selimut bayi semua dipertimbangkan dengan matang. Berikut perlengkapan bayi yang perlu Anda persiapkan sebelum melahirkan.

  1. Perlengkapan ibu

Selain perlengkapan bayi, jangan lupa untuk mempersiapkan juga perlengkapan bagi ibu. Seperti daster menyusui dengan kancing di bagian dada atau baju berdesain busui friendly sehingga memudahkan Anda untuk menyusui si jabang bayi.

Jangan lupa untuk membeli bra menyusui, stagen, hingga celana dalam khusus nifas yang dikhususkan bagi ibu baru melahirkan sehingga nyaman dikenakan usai melahirkan.

Selain itu, bawa juga pembalut nifas, walaupun biasanya rumah sakit telah menyediakan perlengkapan tersebut namun Anda juga harus membawa pembalut nifas sebanyak-banyaknya untuk berjaga-jaga apabila di rumah sakit kehabisan.

Setelah melahirkan, pasti akan banyak orang yang ingin menjenguk. Jangan lupa bawa juga perlengkapan skin care sederhana seperti pelembab dan sunscreen agar wajah tetap ternutrisi dan terlihat lebih segar.

Bagi Anda yang mengenakan hijab, jangan lupa untuk membawa hijab-hijab pengganti. Selain itu, perlu juga membawa baju ganti, buku bacaan tentang bayi, hingga ponsel dan charger.

  1. Persiapan kondisi tubuh dan kesehatan mental

Sebelum melahirkan, tak jarang calon ibu akan merasakan perasaan yang campur aduk sehingga terkadang membuatnya ketakutan dan panik. Salah satu kunci melahirkan yang sehat ialah jangan terlalu banyak pikiran atau stress karena akan berpengaruh terhadap janin yang dikandung.

Perbanyaklah makan-makanan buah-buahan dan makanan sehat lainnya sehingga tubuh bugar ketika akan melahirkan. Tenangkan diri dengan mengikuti kelas parenting atau senam khusu ibu hamil.

Bila Anda hidup jauh dari suami dan keluarga, ikutlah perkumpulan ibu-ibu hamil sehingga Anda akan mendapatkan teman baru dan pengalaman-pengalaman serta ilmu baru sebelum melahirkan.

  1. Perlengkapan bayi

Minimal, perlengkapan bayi dipersiapkan 3 hari sebelum tanggal kelahiran. Beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan ialah baju bayi ketika baru lahir, popok bayi yang bisa Anda stok sebanyak mungkin karena Anda akan membutuhkan banyak popok bayi untuk si kecil.

Kemudian, Anda juga butuh topi penghangat kepala, kaus kaki dan tangan agar tetap hangat. Tak lupa membawa selimut bayi sebagai pembungkus tubuh mungil buah hati Anda agar tak kedinginan.

Bawa juga tisu basah khusus untuk bayi baru lahir agar tidak mengiritasi kulit atau membuat kulit bayi alergi. Selain itu, bawa juga sarung tangan karena bayi yang baru lahir biasanya memiliki kuku yang panjang, dikenakan sarung tangan agar ketika ia bergerak, tak melukai anggota tubuh lainnya.

Membeli perlengkapan bayi sebaiknya dilakukan H-3 bulan sebelum melahirkan. Hal ini untuk memastikan bahwa semua kebutuhan bayi sudah terpenuhi dan tidak ada suatu kekurangan.

Waktu yang panjang untuk mempersiapkan perlengkapan bayi membuat Anda bisa membandingkan harga-harga perlengkapan di toko satu dengan lainnya sehingga memperoleh harga murah untuk menghemat budget.

Misalnya, mengecek selimut bayi di toko A dengan toko B bandingkan juga kualitasnya. Anda bisa membeli selimut bayi dengan harga terbaik di Blibli. Koleksinya lengkap, dan harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Selain itu, di Blibli juga menyediakan harga selimut bayi termurah dengan berbagai merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *