Tips Membuat Aneka Barang Antik yang Anda Miliki Selalu Terlihat Kinclong

Perkembangan jaman membuat perubahan baru untuk beberapa hal pada masyarakatnya, salah satunya adalah barang yang sering digunakan. Teknologi baru semakin mendukung adanya berbagai model atau desain barang-barang modern muncul dipasaran. Walaupun begitu nyatanya tidak sedikit orang juga yang masih mempertahankan aneka barang antik dan langka (link ke) menjadi salah satu koleksi berharganya. Sebagai pecinta barang kuno hal seperti itu adalah wajar, tetapi untuk orang awam pasti akan menganggap sebelah mata. Apalagi mendengar harga yang ditawarkan untuk sebuah barang antik yang sangat mahal pasti terkejut. 

Mempunyai usia yang sudah tua tidak menjadikan patokan bahwa sebuah barang memiliki tampilan yang tidak menarik. Misalnya saja terlihat kusam, warna luntur, ataupun bagian-bagian lain yang mengalami kerusakan. Makanya sebagai salah satu orang yang suka dengan barang bersejarah selayaknya Anda melakukan perawatan dengan tepat. Barang antik akan lebih menarik jika masih terlihat bening ketika dijadikan sebagai pajangan. Nah, berikut ini ada langkah mudah merawat barang kuno supaya tetap terlihat menarik yaitu:

  • Perhatikan bahan pembuatan.

Langkah pertama adalah perhatikan bahan pembuatan dari barang tersebut terlebih dahulu, bahan yang berbeda pasti mempunyai cara perawatan yang berbeda pula. Misalnya saja dari kayu yang membutuhkan pengolesan minyak zaitun secara rutin atau bisa menggunakan cuka supaya tetap terlihat bening dan bersih. Beda lagi untuk barang dari bahan keramik, tembaga, kaca dan lain sebagainya.

  • Perhatikan pemilihan tempat penyimpanan.

Tempat juga salah satu hal yang dapat mempengaruhi keawetan sebuah barang, misalnya saja Anda menempatkan diluar ruangan yang sudah pasti akan sering terkena debu dan sinar matahari langsung. Dengan begitu aneka barang antik Anda membutuhkan perawatan yang lebih rutin supaya terhindar dari kotoran ataupun sinar yang dapat merusak tekstur ataupun warna barang.

  • Suhu ruangan.

Lalu pertimbangkan dari suhu juga sangat perlu, misalnya saja suhu yang terlalu lembab dan barang terbuat dari bahan kayu pasti akan mudah timbul jamur ataupun kotoran lainnya. Lalu untuk yang berbahan kaya akan lebih mudah pecah ketika ruangan dalam kondisi terlalu panas ataupun lain sebagainya. Untuk barang yang terbuat dari bahan kayu agar lebih diperhatikan karena sangat riskan dan mudah mengalami kerusakan akibat suhu yang tidak tepat.

  • Perhatikan pemilihan alat yang digunakan.

Terkadang orang tidak menyadari bahwa alat yang digunakan dalam pembersihan berbagai barang sangatlah penting untuk diperhatikan. Salah saja dapat membuat barang Anda mengalami kerusakan, misalnya membersihkan kotoran yang membandel dengan menggunakan benda tajam, lap yang kasar sehingga kaca tergores ataupun lainnya.

  • Bahan pembersih yang digunakan.

Banyak sekali dijual dipasaran berbagai bahan yang bisa digunakan untuk membuat bersih dan kinclong berbagai barang. Tetapi perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membelinya, jika memang ragu pilih alternatif bahan alami yang tidak memberikan efek pada barang-barang Anda. Takutnya menggunakan barang yang sembarangan bisa membuat warna barang kuno menjadi luntur atau lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum Anda membersihkan. Walaupun pada dasarnya memang mudah tetapi jika tidak dilakukan dengan teliti dan baik pasti akan menimbulkan berbagai kerusakan. Pastikan tentukan waktu yang rutin supaya barang hobi koleksi  seperti barang antik milik Anda akan selalu terlihat bersih dan mengkilap dimanapun ditempatkan. Sedikit informasi diatas semoga dapat dijadikan sebagai referensi dan bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *