Tips & Trik Pilih Ikan Segar di Pasar, Perhatikan Guratan Putih di Daging hingga Kondisi Airnya

Panduan memilih ikan segar yang benar, ini tandanya ikan yang paling baik kualitasnya. Saat ingin memasak ikan, sebaiknya membelinya langsung dari pasar yang masih hidup. Dengan begitu ikan yang didapat bukan bangkai atau busuk.

Meskipun membeli ikan hidup, masih harus memperhatikan hal hal penting ini. Karena kualitas ikan sangat bergantung pada banyak hal, sehingga kalian tak merasa dirugikan. Ini tips memilih ikan segar dilansir oleh BrightSide.

Ikan segar selalu memiliki sisik mengkilap dan mata jernih. Ambil ikan di tangan anda dan lihat, ikan manja akan menurunkan ekornya dengan lemah. Sirip kering dan insang abu abu bukannya merah terang juga menunjukkan busuk.

Saat membeli ikan hidup dari tangki, pastikan airnya jernih. Pilih ikan yang tidak di dekat permukaan tetapi lebih dekat ke dasar. Jika anda suka memancing dan kemudian memasak hasil tangkapan ikan.

Periksa airnya apakah mengandung merkuri. Akan sangat mudah dilakukan ketika anda memiliki alat analisis merkuri. Saat membeli salmon, pilih potongan dengan benang putih di dalamnya.

Ikan yang sepotong benar benar merah, mungkin sudah dicelup. Juga, jangan mengambil ikan yang memiliki bintik bintik cerah di kulitnya. Karena ia ditangkap pada musim pemijahan dan dagingnya hambar.

Ikan salmon yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan asam lemak omega 3 banyak diminati para ibu untuk memberikan asupan pada sang buah hati. Ikan jenis ini pun juga dijadikan bahan makanan sushi dimana dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Maka tak heran, kalau daging ikan ini sangat digemari berbagai kalangan.

Meskipun tentunya memiliki harga yang tak murah pula. Lalu bagaimanakah cara memilih daging salmon yang terbaik dan segar? Ada dua jenis ikan salmon, yakni liar dan hasil ternak.

Yang liar lebih umumnya ditangkap dari perairan laut Alaska. Sehingga kaya akan nutrisi karena hanya ikan hanya makan dari plankton. Ciri cirinya daging berwarna orange cerah.

Sedangkan salmon ternak merupakan hasil budidaya di peternakan ikan salmon di Laut Atlantik. Kerena diberi makan racikan peternak, maka daging masih rentan pencemaran atau parasit. Sehingga daging ikan agak lebih pucat.

Daging salmon yang bagus kenyal dan tidak lembek, jadi ketika ditekan akan langsung kembali seperti semula. Bau ikan salmon segar tentu tidak anyir atau amis melainkan beraroma asin atau air laut. Pilihlah daging salmon yang memiliki garis putih lebih tebal.

Biasanya itu terdapat di bagian perut. Karena dibagian itu memiliki kandungan omega 3 paling tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *